Bintaro Jaya Xchange Mall – Pusat Lifestyle dan Belanja Terbaru di Selatan Jakarta

Eh tau ga sih lo? Ada Mall baru di selatan Jakarta lho…di Bintaro gitu deh Ciiin.

“So? Keren ga?”

 Konsepnya lain deh dengan Mall di Jakarta, yuk main ke sana. Begitu ajakan teman ke saya.

Saya lantas berpikir akan rencana lama membeli rumah di Bintaro. Sudah beberapa kali ke Bintaro dan melihat perumahan serta fasilitas-fasilitas umum dan sosial di sana. Sudah komplit rasanya. Sepengamatan saya, memang sudah ada beberapa pertokoan di Bintaro Jaya tapi rasanya sih masih eSTeDe (alias standard aja). Buktinya tiap Sabtu dan Minggu, lalu lintas ke luar Bintaro macet. Orang-orang Bintaro pergi keluar padahal Senin-Jumat mereka juga keluar cari nafkah di Jakarta. Artinya kan kebutuhan akan Mall belum terpenuhi.

Teman saya menyambung, Ini beda jeung. Udah deh jangan kebanyakan mikir.  Nyok kita jalan ke sana.

Sebagai seorang freelancer yang akan tinggal di Bintaro dan memiliki kegiatan ekonomi di Jakarta, saya sudah berhitung bahwa saya harus pandai menyiasati waktu.Beberapa minggu lalu sempat mengunjungi teman yang tinggal di Sektor 9 Bintaro dan ternyata moda transportasi keretanya sudah nyaman banget. Apalagi jika dilihat dengan kacamata seorang freelancer yang tidak terikat waktu kerja nine to five. Saya bisa menghindari kemacetan. Dan tetap bisa mengunjungi berbagai Mall di Jakarta dengan nyaman. Eh koreksi, saya tetap bisa berkegiatan ekonomi di Jakarta sembari mengunjungi aneka Mall di Jakarta.

Ada Mall keren di Bintaro? Yuuk maree kita lihat…

 

Penting banget ya ke Mall?

Ke Mall di Jakarta tiap hari adalah A MUST. Whaat…pasti pada mikir betapa saya ini Mall addicted atau Shopaholic. Saudara-saudara sekalian, mohon di delete pikiran seperti itu. Saya ini ke Mall tiap hari karena “kepaksa”. Ya iyalah, saya dan teman saya itu pernah bekerja bertahun-tahun di satu perusahaan yang sama yang berkantor di suatu Mall di Jakarta. Tepatnya yang ada di Bunderan Semanggi,  yuup Mall yang suka bikin bapak Polisi pusing tujuh keliling mengatur lalu lintas yang selalu macet berat akibat banyaknya mobil yang memotong jalan untuk masuk ke Mall itu. Sudah berkantor di Mall, acara presentasi ke klien juga dilakukan dari Mall ke Mall, tahu sendiri di sekitar Semanggi selain Mall tempat saya bekerja masih ada lima Mall lainnya. Setelah tiga tahun bekerja di kawasan Semanggi, saya pindah kerja di suatu perusahaan yang berkantor di daerah Pluit. Ternyata eh ternyata letaknya pas berhadap-hadapan dengan Mall daerah Pluit. Tiap sore saya punya kegiatan ke Mall. Engga hanya shopping, saya ngeGym serta kursus bahasa Mandarin di sana. Tak lama kemudian perusahaan memutuskan pindah kantor ke daerah bilangan Kemayoran, masuk ke Mall. Bisa dibilang  semua Mall di empat penjuru Jakarta sudah pernah saya jelajahi. Jakarta Barat, Timur, Utara dan Selatan. Data terakhir menyebutkan bahwa ada 173 Mall di Jakarta.

So, jadi penasaran konsep apa yang dibuat oleh Bintaro Xchange Mall supaya para warga Bintaro tidak kelayapan lagi ke Jakarta saat ingin ke Mall.

 

Hijaulah Mall Ku  

Akhirnya pada suatu hari Minggu jadilah bersama teman-teman ke Bintaro Exchange Mall. Perjalanan dari Jalan Sudirman ke Bintaro hanya memakan waktu 30 menit. Mungkin karena  bulan Januari yang muram akibat guyuran hujan terus menerus  membuat orang-orang malas beranjak dari rumah. Kami segera memasuki area XChange Mall Bintaro Jaya. Sebuah karya baru dari pengembang kawasan Bintaro, PT Jaya Real Property Tbk. Luas area Bintaro Xchange Mall secara keseluruhan  sekitar 25 Hektar. Saya pikir akan bertemu  suatu bangunan Mall yang megah, besar dan tinggi semacam Mall di bundaran Slipi itu. Yang malah bikin saya pusing dan deg-degan saking besar dan ramainya, konon itu phobia pada ruangan yang super duper besar. Nah bangunan Exchange Mall termasuk jenis bangunan yang simple dalam empat lantai.. Sebagian dinding luar Mall direncanakan untuk dirambati tanaman yang akan menyatu dengan keadaan area sekeliling Mall yang luas dan nanti bakalan hijau, konon itu akan menjadi dinding hijau terbesar pertokoan di Indonesia.  

 

Lahan bebas bangunan terhampar luas siap ditumbuhi pepohonan dan rumput nan hijau dengan track untuk berjalan di antara area bebas bangunan itu, lahan Green Belt ini direncanakan seluas  6 Hektar.  Walaupun saat itu belum dilakukan program penanaman tapi saya sudah membayangkan betapa menyenangkannya berjalan atau jogging di track tersebut saat pagi dengan tanaman hijau menaungi langkah-langkah saya. Dan ternyata tidak hanya jogging track saja yang disediakan. Nantinya akan dibuat dibuat taman-taman yang tematik seperti water feature, seating area dan pedestarian walk. Alangkah menyenangkannya jika di Minggu pagi, area bebas tersebut menjadi area olahraga pagi seperti senam dan lari. Kemudian beberapa jajanan sarapan ala gerobak kaki lima juga digelar di sana.

Saya rasa konsep yang diusung Bintaro Exchange Mall sangat luar biasa. Biasanya Mall di Jakarta selalu memanfaatkan tiap jengkal lahan yang masih menganggur untuk membangun perluasan Mall. Sementara Bintaro Exchange Mall malah memakai konsep terbalik. Lahan taman dan penghijauan lainnya lebih besar dibandingkan lahan yang dipakai untuk bangunan Mall.

Arena Ice Skating

Begitu memasuki Mall, kami leyeh-leyeh sebentar di Mokka Café sembari menikmati lemon squash yang segar. Biarpun ada di lantai atas, konsistensi Bintaro XChange Mall mengatur layout tenant resto & café di bagian luar mall membuat kami bisa menikmati segarnya alam seluas 2.6 Hektar. Another good point dibandingkan dengan letak-letak resto di Mall lain yang sering kali ada di bagian tengah/ dalam sehingga membatasi sudut pandang dan kenyamanan. Memang konsep F&B di mall ini adalah  Alfresco Dining….dining with fresh and green view.

 

 Usai istirahat di sana, kami langsung meluncur ke arena ice skating….rupanya arena ini sudah happening di kawasan Bintaro jadi pesertanya antri. Sungguh menyenangkan diizinkan  memasuki lapangan es  sebelum belajar meluncur. Serombongan anak-anak meluncur ceria dan lincah melintas lapangan es. Ada 20 Instruktur bertebaran mengajari dan menjaga mereka. Puas melihat atraksi mereka , giliran kami belajar dan menjajal meluncur di lapangan es itu. Berhubung waktu sudah menunjukan pk. 12.00 maka saya memutuskan untuk sholat Dzhuhur dulu. Alangkah surprisenya saat menemukan ada mushala di area Ice Skating, jadi pengunjung tidak perlu keluar dari area skating saat hendak shalat. Apalagi ada toilet  berderet  yang sangat representative, kebersihannya terjaga. Semoga seterusnya akan demikian.

Usai sholat langsung pasang sepatu skating dan belajar meluncur di lapangan es, tentunya dengan bantuan instruktur. Rasanya biar uzur (dibandingkan bocah-bocah tadi) tidak kalah juga kegesitannya (eh) dengan mereka…luncur….bruk…..luncur….bruk….hahahaha.

Sebelum badan lebam biru, saya memutuskan berhenti…hahahaha. Mengganti sepatu dan bersiap untuk tour de mall.

Dari Toko ke Toko

Ada beberapa anchor tenant sudah mengisi Bintaro Xchange Mall ini seperti Centro Department Store, Farmer’s Market, Fun World, Gold Gym, Rockstar Gym, Best Denki Electronic Store, Sinema XXI, Food Exchange. Adanya arena ice skating dan dua gym yang menjadi anchor tenant semakin memperkuat positioning Bintaro Xchange Mall sebagai Mall yang mengusung konsep healthy lifestyle.

Saya masih mengharapkan beberapa anchor tenant lain bisa digaet untuk mengisi Mall ini terutama yang berkaitan dengan buku. Sebuah toko buku akan menjadi teman yang menyenangkan baik bagi pengelola maupun pengunjung. Dan mengingat banyaknya anak kecil yang menjadi pengunjung regular Mall ini karena mereka bermain ice skating. Tentunya akan menyenangkan bila ada tenant yang berkaitan dengan dunia pendidikan seperti kursus-kursus bahasa. Kehadiran anak-anak kecil pastinya akan didampingi oleh orangtua mereka terutama oleh ibunya. Beberapa tenant salon tentunya akan menjadi tempat mengasyikan sembari menunggu anak-anak bermain.

 Finally

Seorang perempuan yang akrab dengan Mall di Jakarta menemukan kepuasan tersendiri saat mengunjungi Bintaro Xchange Mall. Apalagi perempuan ini berencana menetap di Bintaro….saya rasa demikian juga para penghuni Bintaro lainnya. Family time, meeting point, shopping time…you can grab it at once in Bintaro Jaya Exchange Mall.

 

    

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>